Pemda Pohuwato Bakal Perbaiki Jembatan Bumbulan-Pentadu Tahun Depan

TINELO.ID, POHUWATO – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pohuwato memastikan bakal memperbaiki jembatan penghubung antara Desa Bumbulan dan Kelurahan Pentadu Kecamatan Paguat akan tahun depan.

Hal itu terungkap saat Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga melakukan peninjauan di lapangan yang didampingi Kadis PUPR, Anwar Sadat, Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh, Kepala BPBD, Ramon Abdul, Kabag PBJ, Kabag Pembangunan dan Kabag Prokopim, Senin, (20/12).

Bacaan Lainnya

Jembatan yang direhab Pemerintah Kabupaten Boalemo silam itu sudah miring salah tiang pancang bagian tengah sudah ambruk akibat derasnya air sungai, sehingga jembatan papan tersebut tidak bisa dilewati lagi oleh kenderaan.

Oleh karena itu Pemda Pohuwato bakal menindaklanjutinyq dengan akan membangun jembatan yang baru.

Bupati Saipul berharap dukungan dari masyarakat terutama yang berada di dua desa, diharapkan tidak ada kendala atas pembangunan jembatan.

” Kemudian kepada masyarakat dihimbau untuk bersabar sambil menunggu pekerjaan jembatan ini yang insyaallah awal tahun sudah ada pemenang tendernya,” harap Bupati.

Sementara itu, Kabid Bina Marga, Ir. Risdiyanto Mokodompit, ST.,MT.,IPM menjelaskan, pekerjaan jembatan bumbulan-pentadu telah teranggarkan pada 2020 tapi terkena refocusing dan teralokasi nanti di 2021 untuk pekerjaan tahun 2022.

” Jembatan akses warga bumbulan-pentadu sebesar Rp. 14,08 Milyar dengan bentang 50 meter lebar kurang lebih 8 meter sudah dengan bahu jalan,” kata dia.

Pelaksanaan pekerjaan rencana tender pada Januari 2022 sekaligus pembebasan lahan kuranga lebih 14 bidang tanah yang akan dibebaskan termasuk bangunan dan tanaman yang ada di lokasi tersebut.

“Insyaallah apabila jembatan itu sudah dibangun nantinya merupakan satu ikon wisata karena jembatan itu ada pemakaian profil melengkung dan lampu-lampu. Belum lagi kalau dipakai pada saat pasang lampu di malam 27 ramadhan,” ujarnya. (HMS)

Pos terkait