Kadis PMD Pohuwato Hadiri Sosialiasi Program Kerja Posyandu 

TINELO.ID, POHUWATO – Saat menghadiri Sosialisasi program kerja Pokjanal Posyandu yang di gelar oleh Dinas Kesehatan, yang bertempat di aula hotel Irene, Rabu (06/12/2023). Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Refly Basir meminta agar dapat memperhatikan lima prioritas dilakukannya Posyandu.

 

Lima prioritas tersebut sebutkan Kadis PMD Refli Basir ialah, keluarga berencana, kesehatan ibu dan anak, gizi, imunisasi, dan peningkatan pola hidup sehat.

 

“Posyandu itu merupakan salah satu bentuk upaya yang bersumber daya masyarakat yang di kelola dan di selenggarakan, dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat, dalam penyelenggaraan pembangunan dan memberdayakan masyarakat, dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar,”ungkap Kadis PMD Refli Basir yang juga sekretaris kelompok kerja operasional pos pelayanan terpadu kabupaten Pohuwato.

 

Disamping itu kata Refli Basir, harus menjadi kenderaaan bagi program-program lainnya dalam hal mensejahterakan masyarakat.

 

“Pokjanal Posyandu ini juga yang tugas dan fungsinya dalam penyelenggaraan penyelenggaraan posyandu maka secara berkala perlu dilakukan Koordinasi seperti yang kita lakukan hari ini,”tutur Refly.

 

Olehnya menurut Refly, bahwa subtansi pertemuan sosialisasi hari ini menjadi ajang berbagi data, informasi dan masalah kepad instansi terkait untuk penyelesaian lebih lanjut.

 

“Kebetulan dalam ketentuan Kemendagri nomor 54, itu menyebutkan bahwa dinas PMD selaku sekretaris Pokjanal tingkat kabupaten Pohuwato,”imbuhnya.

 

Sementara itu Kepala Bidang Promkes Dinas Kesehatan melalui Kasie Fungsional Promosi Kesehatan Ervina Mile SKM dalam laporan panitia mengatakan, bahwa tujuan Pokjanal/Pokja Posyandu adalah untuk mengkoordinasikan berbagai upaya pembinaan yang berkaitan dengan peningkatan fungsi dan kinerja posyandu.

 

“Ya, yang secara operasional dilaksanakan oleh unit atau kelompok pengelola posyandu di desa, melalui mekanisme pembinaan secara berjenjang oleh pokjanal posyandu di daerah,”bebernya.

 

Adapun anggaran kegiatan tersebut di bebankan pada DPA Satker Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato tahun anggaran 2023.

Pos terkait