Wabup Suharsi Harap Penyusunan RKPD Pohuwato Lebih Berkualitas

TINELO.ID, POHUWATO – Rakor teknis penyusunan rancanangan awal RKPD tahun 2023 yang berlangsung di hotel grand quality kota gorontalo dibuka Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, Selasa, kemarin (14/12/2021).

Dikatakan Wabup Suharsi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah (RKPD) agar menjadi sebuah dokumen perencanaan yang berkualitas diantaranya adalah adanya konsistensi dalam substansi dokumen perencanaan pembangunan daerah antara RPJMD dan RKPD,

Bacaan Lainnya

“Kemudian bagaimana strategi untuk dapat mengakomodir dan atau mensinergikan hasil musrenbang tingkat desa, kecamatan, kabupaten serta kebijakan nasional dan provinsi kedalam perencanaan pembangunan daerah dan juga perumusan indikator kinerja, target, sasaran yang tepat dan rasional sehingga target RPJMD dapat dicapai,” jelasnya.

Sementara permasalahan terkait dengan penyusunan perencanaan pembangunan daerah menurut Wabup Suharsi adalah antaranya proyeksi pendapatan daerah baik bersumber dari DAU, DAK, APBN dan APBD provinsi yang mengalami pelambatan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Ini memang kondisi umum yang dialami daerah-daerah di Indonesia akibat adanya pandemi covid-19. Berdasarkan permasalahan tersebut pemda pohuwato melalui baperlitbang memandang perlu untuk menyelenggarakan rapat koordinasi teknis penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2023,” ujarnya.

Tujuannya lanjut Wabup Suharsi Igirisa antara lain mewujudkan konsistensi penyusunan substansi antar dokumen perencanaan mulai dari RPJMD RKPD dan renja perangkat daerah serta meningkatkan komitmen aparatur perencanaan perangkat daerah di kabupaten pohuwato dalam menyusun perencanaan perangkat daerah sehingga dapat tepat waktu dan tepat mutu serta berkualitas.

“Kepada bapak ibu peserta, pahami apa saja yang disampaikan nara sumber, sehingga nantinya melalui kegiatan ini dapat membantu pembentukan satu kesamaan persepsi dan pola pikir untuk menentukan strategi yang paling efektif untuk mewujudkan pohuwato sehat maju dan sejahtera”, tandasnya.

Pos terkait